Jangan Bandingkan Joker versi Joaquin Phoenix dan Jared Leto

alasan-jangan-bandingkan-joker-versi-jared-leto-dan-joaquin-phoenix

JOKER ,film tentang villain utama dari superhero asal Gotham ini memang cukup menyita perhatian banyak orang belakangan ini. Pasalnya,melalui film yang rilis pada 2 Oktober 2019 ini … Joaquin Phoenix selaku pemeran dari Joker dianggap sukses memainkan perannya.

joker versi joaquin phoenix

Sehingga bisa menyita banyak perhatian penonton ataupun para pecinta film superhero,karena disini dia sukses menceritakan perihal asal usul JOKER dan latar belakang apa yang menjadikan dirinya sebagai penjahat.

Bahkan Joaquin Phoenix dianggap sebanding dengan Heath Ledger yang sudah pernah dianggap sebagai pemeran Joker terbaik setelah menjalani perannya di film The Dark Knight.

3 Alasan Jangan Bandingkan Joker versi Joaquin Phoenix dan Jared Leto

Melalui kesuksesan film ini tentunya membawa banyak pujian untuk Joaquin Phoenix,namun semua itu berbanding terbalik dengan Jared Leto.

Karena setelah film Joker (2019) tayang di bioskop,Jared Leto mulai mendapat cibiran dari para pecinta film superhero dan villain DC Comic. Dia dianggap gagal memerankan Joker di film Suicide Squad.

Mulai dari versi Joker yang terlalu narsistik,hingga “bucin” dengan Harley Quinn serta tidak ada adanya gebrakan-gebrakan dalam film yang membuat penonton merasa terpukau oleh akting Joker versi Jared Leto.

joker versi jared leto

Memang tidak ada salahnya untuk mengkritik,tapi awas.. jangan sampai kalian mengkritisi suatu hal yang sangat berbeda atau mungkin tidak bisa dibanding-bandingkan.

Oleh karena itu,berikut ini Alasan Jangan Bandingkan Joker versi Joaquin Phoenix dan Jared Leto.

Peran dalam Film

Satu hal terpenting bahkan paling dasar yang tidak pernah di perhatikan oleh penonton dan pecinta film saat membanding-bandingkan ” antara Joaquin dan Jared siapakah pemeran joker terbaik? ” yaitu perihal peran mereka dalam film masing-masing.

Ketika kita ingin membandingkan kedua Joker ini,seharusnya kita harus paham tentang peran mereka di dalam film.

Peran Joaquin Phoenix sebagai Joker

Pertama kita harus sadar bahwa Joaquin bermain di film yang memang menceritakan asal usul si musuh batman ini,dan Joker merupakan Peran/Tokoh Utama dalam cerita.

Dimana artinya akan lebih banyak mendapat screentime karena memang film ini menceritakan perihal kehidupan dan asal-usulnya. Dengan banyaknya kesempatan tampil tentu Joker akan lebih banyak mendapat kesempatan untuk menunjukan aksi-aksinya.

joaquin phoenix joker

Semakin banyak kesempatan muncul maka akan semakin menonjol pula peranan yang dilakukan oleh Joaquin,terlebih lagi Joker memang peran utama dalam cerita yang artinya dia akan lebih banyak disorot dan juga mendapat perhatian.

Dan karena itu,Joker yang diperankan Joaquin Phoenix bisa meninggalkan kesan yang lebih membekas di hati penonton karena banyaknya waktu luang untuk menunjukan kehebatan aktingnya dalam memerankan tokoh antagonis ini.

Peran Jared Leto sebagai Joker

Nah berbanding terbalik dengan peran joker yang dimainkan oleh Jared Leto,dalam film Suicide Squad bukanlah menceritakan kehidupan ataupun asal usul dari Villain Batman ini.

Melainkan bercerita tentang para penjahat yang tergabung dalam Suicide Squad,yang terdiri dari 5 Orang yaitu Deadshot,Harley Quinn,El Diablo,Captain Boomerang dan Killer Croc.

Dimana artinya 5 Orang tersebutlah si pemeran utama dalam film ini dan memegang peranan penting dalam jalannya cerita,sedangkan Joker yang dimainkan oleh Jared Leto hanya sebagai pelengkap kisah asal-usul Harley Quinn.

jared leto joker

Atau mudahnya Joker di Suicide Squad hanya pemeran tambahan untuk melengkapi alur cerita dari Harley Quinn,sehingga Harley Quinn mendapat screentime yang lebih banyak sedangkan Joker hanya tampil beberapa kali saja,itulah kenapa kurang ada aksi-aksi yang dipamerkan oleh Joker.

Selain itu,berdasarkan skrip cerita memang Jared hanya mendapat beberapa kali penampilan saja. Belum lagi ada banyak Scene yang sudah di Cut dan semakin mengurangi screentime dari Jared Leto.

Lalu part-part yang diambil untuk dimasukkan dalam film hanya sebagian saja yang dirasa masih relevan dengan alur film dan tidak menambah panjang jam tayang. Sayangnya,mungkin penonton kurang suka dengan scene yang masih dipertahankan tersebut karena dirasa kurang greget.

jared leto joaquin phoenix joker

Sebenarnya ada banyak potongan scene yang menunjukan kesadisan dan kegilaan joker di Suicide Squad,namun entah kenapa saat film resmi rilis. Scene yang menampilkan Joker di dalamnya justru membuat dia terlihat terlalu narsistik.

Namun sekali lagi,Joker versi Jared hanya sebagai pelengkap jalan cerita dari kisahnya Harley Quinn. Sehinnga dia tidak terlalu banyak disorot ataupun difokuskan untuk memilliki aksi-aksi yang extreme.

Latar Belakang menjadi Joker

Seperti yang kita ketahui bahwa dari Film,Kartun Animasi,Komik hingga TV Series memiliki versi masing-masing tentang asal-usul dan nama asli dari Joker sendiri.

Begitu juga dengan Jared dan Joaquin,mereka memainkan peran sebagai Joker yang memiliki latar belakang sangat berbeda.

Asal-usul Joker versi Jared Leto

Dalam film Suicide Squad sendiri tidak diceritakan tentang asal-usul tokoh satu ini,awal kemunculannya dia sudah berada di Rumah Sakit Jiwa dan sedang dirawat oleh Dokter Harley Quinnzel.

joker suicide squad harley quin

Saat itu dia sudah menjadi Joker yang memang memiliki kelakukan sangat gila dan ekstrim,namun selama berada di dalam Rumah Sakit Jiwa untuk pengobatan … dia justru semakin hari semakin mempengaruhi Dokter Harley Quinzell agar mengikuti kegilaannya dan membantunya dalam proses pelarian diri alias kabur.

Tidak ada cerita yang jelas tentang asal-usul dan penyebab dia berubah menjadi Joker,namun dalam Suicide Squad diceritakan bahwa Joker merupakan bos dari Mafia bawah tanah yang menguasai Gotham City dari segi Obat-obatan terlarang,Senjata Ilegal dan semua jenis kejahatan.

Asal-usul Joker versi Joaquin Phoenix

Sedangkan versi yang dimainkan oleh Joaquin Phoenix sendiri memiliki cerita asal-usul yang lebih lengkap karena film ini memang mengisahkan tentang hal tersebut.

Semuanya berasal dari seorang Pria bernama Artur Fleck yang bekerja sebagai Badut Penghibur untuk pesta anak-anak maupun acara lainnya. Dia juga memiliki cita-cita ingin menjadi seorang komedian terkenal.

Dia tinggal disebuah apartemen hanya bersama Ibunya,diketahui bahwa Ibunya pernah bekerja sebagai pelayan di rumah Tomas Wayne (Ayah Bruce Wayne) namun dipecat karena suatu alasan.

Joker-2019

Ibunya selalu berkata bahwa suatu saat Thomas Wayne pasti akan menolong mereka dari kehidupan sulit yang selama ini dijalani,sampai akhirnya Arthur menemukan sebuah surat dimana ibunya menulis jika Arthur merupakan anak hasil hubungannya dengan Thomas Wayne.

Namun setelah sekian lama mencoba mencari tahu kebenaran ini,dia menemukan fakta bahwa Ibunya memiliki kelainan jiwa yang membuatnya sering mengalami Delusi dan menciptakan cerita-cerita yang tidak pernah terjadi lalu menganggapnya sebagai suatu yang nyata.

Arthur juga menemukan Fakta bahwa ibunya pernah berada di Arkham City Hospital dan menjalani perawatan kejiwaan setelah terungkapanya kasus bahwa dia sering membiarkan Anak Angkatnya disiksa oleh Kekasihnya.

joker joaquin phoenix baru

Jadi ada fakta baru bahwa Arthur Fleck bukanlah anak hasil hubungan ibunya dengan Thomas Wayne seperti yang diungkapkan,melainkan anak angkat dari ibu yang selama ini dia sayangi tersebut.

Dan juga dia baru sadar apa yang membuatnya memiliki Mental Illnes adalah masa lalunya yang sering disiksa oleh kekasih Ibunya.

Melewati banyak pengalaman buruk dalam hidup membuat kegilaannya semakin meningkat,dia pun mulai menyadari kesehatan jiwanya yang bermasalah. Namun dia mencoba menerimanya dengan berubah menjadi seorang Joker.

Nama Asli Joker

Dalam setiap cerita,baik itu di komik,kartun animasi,game maupun film memiliki penyebutan nama yang berbeda sebagai nama asli dari Joker.

Film Batman tahun 80an karya Tim Burton sendiri memiliki sebuah scene yang menampilkan seorang polisi membawa selebaran buronan dengan nama Jack Napier yang merujuk pada nama asli Joker.

Bisa dibilang secara resmi ini merupakan nama asli vilain batman yang terkenal dengan segala kegilaannya tersebut. Karena dalam film tersebut adalah pertama kalinya ada cuplikan yang tertera nama lengkap sebenarnya dari Joker.

joker jack napier

Namun pada akhirnya banyak kalangan khususnya para fans yang mengangga bahwa nama tersebut hanyalah sebuah alias,sebab dalam beberapa cerita sudah sering muncul nama Jack.

Atau yang paling terkenal adalah Jack White,dalam game Batman : Arkham Asylum. Sementara dalam kisah lain ada juga nama-nama alias seperti Oberon Sexton,Joe Kerr dan Dr J Reko.

Untuk film Suicide Squad sendiri tidak menceritakan perihal asal-usul,latar belakang maupun nama asli Joker yang di perankan oleh Jared Leto.

Karena sejak awal kemunculannya sudah menjadi pasien sakit jiwa yang sedang dirawat oleh Dr Harley Quinzell,dan disini dia sudah menjadi joker.

joker joaquin phoenix dan jared leto

Ya … dalam hal ini,film Suicide Squad memang lebih berfokus dengan kisah Harlet Quinn dan Joker hanyalah sebagai pelengkap jalan cerita. Itulah kenapa tidak ada cerita lengkap ataupun scene-scene khusus untuk Jared Leto.

Sedangkan Joaquin Phoenix memerankan Joker yang pada awalnya seorang Komedian dan juga Badut bernama Artur Fleck. Artur sendiri merupakan seorang pengidap Mental Illnes yang seiring jalan juga hidupnya tertekan oleh keadaan yang tidak sesuai kenyataan hidup yang dijalani dan dibayangkan selama ini.

pemeran joker

Sampai akhirnya dia mulai berubah menjadi seorang Joker,pada film Joker (2019) memang bercerita tentang awal mula lahirnya seorang penjahat yang merupakan musuh utama Batman ini.

Itulah kenapa dalam film ini berisi cerita yang lengkap soal latar belakang Joker. Dan pada film ini mengambil adaptasi dari Joker versi Komedian bernama Arthur Fleck. Itulah kenapa bisa berbeda dengan versi Jared Leto yang digambarkan sebagai seorang Gangster/Mafia Gila dengan berbagai kejahatannya ataupun versi Heath Ledger yang lebih condong sebagai seorang pengidap kelainan jiwa yang membuatnya menjadi seorang Psyco.

Joker Versi Joaquin Phoenix

wardana
3 min read

Joker Versi Jared Leto

wardana
4 min read

One Reply to “Jangan Bandingkan Joker versi Joaquin Phoenix dan Jared Leto”

  1. Jelas bukan bandingan nya. Kaya nya emang segi marketing banyak provokator kalo karakter joker yg dimainkan jared leto buruk.Padahal dia hanya cameo bukan pemeran utama.Joker versi Jared Leto ❤

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *