Eternal Desolator

eternal-desolator-purwokerto
5/5 (1)

Eternal Desolator merupakan band bergenre Deathcore asal Purwokerto,Jawa Tengah. Yang pertama kali dibentuk pada bulan Mei 2015. Awalnya mereka hadir dengan konsep dual vocalist dan dual gitarist.

eternal-desolator-band

Namun seiring berjalannya waktu,mereka harus kehilangan personil yang pada akhirnya membawa mereka pada formasi seperti sekarang yang hanya terdiri dari 4 orang saja.

Eternal Desolator – Deathcore

Band ini mengusung Genre Deathcore,yang pada saat itu masih kurang diterima oleh pecinta musik di purwokerto. Bahkan Skena Deathcore saat itu bisa dibilang mati,karena sangat sulit untuk menemukan orang yang interest atau setidaknya cukup mengerti dengan subgenre satu ini.

Memang di purwokerto sendiri lebih kental musik-musik keras seperti Deathmetal,khususnya band SANTET yang sudah sering melanglang buana bahkan sampai ke negara-negara di Asia. Atau untuk kalangan anak muda di scena underground lebih banyak disukai pecinta musik hip-hop,Post-hardcore,Hardcore dan Pop-punk.

eternal-desolator-band

Walau sebenarnya saat itu sudah ada beberapa komunitas seperti RTF Colony di purwokerto dan beberapa kota sekitarnya seperti purbalingga,namun tetap saja jumlah pendengar dari musik Deathcore masih belum banyak.

Ini tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Eternal Desolator untuk lebih mengenalkan musik mereka kepada khalayak umum,sehingga musik yang mereka bawakan bisa lebih dikenal dan diterima oleh pecinta musik keras di Purwokerto.

Personil Eternal Desolator

Pada awalnya mereka terdiri dari enam orang,dengan konsep dua vokalis,dua gitaris,satu bassist dan satu drummer. Namun seiring berjalannya waktu mereka harus kehilangan satu vokalis mereka dan disusul dengan keluarnya satu gitaris mereka.

band-deathcore-eternal-desolator.

Hal ini menjadikan Eternal Desolator hanya tersisa 4 Personil,namun semua itu tidak membuat mereka untuk bubar atau merubah genre mereka menjadi yang lebih cocok untuk dimainkan berempat.

Mereka tetap berjuang sampai akhirnya bisa memiliki album,bahkan kini musik mereka juga sudah semakin dilirik oleh orang0orang di skena Deathcore nasional.

Formasi Personil Eternal Desolator (Awal) :

  • Faisal Nur Muhammad Basef – Vocalist
  • Ibrahim Januar – Vocalist
  • Galih Moro Rizki – Guitarist
  • Uji Bagus Pambudi – Guitarist
  • Olil Sofan – Bassist
  • Amor Hutomo Budiwijaya

Formasi Personil Eternal Desolator (Sekarang) :

Sekian lama berjalan,suka dan duka terlewati bersama-sama oleh setiap personil. Namun pada akhirnya satu persatu dari mereka harus berpidah dengan band ini. Terjadi beberapa kali ganti personil dan formasi.

Sampai akhirnya Eternal Desolator terdiri dari 4 Personil diantaranya seperti berikut :

  • Faisal Nur Muhammad Basef – Vocalist
  • Kornelius Steven Sugiarto – Guitarist
  • Uji Bagus Pambudi – Bassist
  • Gotri Priambodo – Drummer

Omnipotence Paradox

Saat ini Eternal Desolator sudah merilis satu album pada tahun 2018,Omnipotence Paradox adalah nama yang mereka ambil untuk album pertama ini.

Mereka hanya menghadirkan rilisan fisik yang bisa dipesan melalui Instagram dibawah ini :

Untuk Albumnya saja bisa kalian dapatkan dengan harga Rp. 170.000 .

Proses Penggarapan Album

Proses pembuatan album ini,baik dari recording maupun penyusunan materi lagu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi masing-masing personil. Pasalnya sebagian dari mereka ada yang basic memainkan musik Deathmetal dan ada yang Djent.

Walau kedua genre tersebut memiliki perbedaan yang tidak terlalu jauh dengan Deathcore,tetap saja ini menjadi sebuah tantangan.. apakah mereka bisa benar-benar menyusun dan menghadirkan nuansa Deathcore atau tidak.

eternal-desolator-omnipotence-paradox-album

Terlebih lagi ini juga merupakan pengalaman pertama mereka dalam rekaman album,walau mungkin mendebarkan namun para personil Eternal Desolator tetap merasa Exyted dan ingin cepat menikmati hasil karya mereka sendiri.

Daftar Lagu di Album Omnipotence Paradox

  • Album Omnipotence Paradox dari Eternal Desolator ini berisi 10 lagu,diantaranya :
  • The Creator I : Apocalypse Cult
  • Slaughter Extermination ( Feat. Hendro “Crows As Divine” )
  • Burning Of Salem
  • Consumed : By Vultures ( Feat. Jeff “Pubas Sweet Hero” )
  • Omnipotence Paradox
  • Homicidal Epilogue
  • Lost // Found
  • Bermuda
  • Have A Nice Slam
  • The Creator II : Dark Matter

Projek Duet

Di dalam album ini mereka memiliki 3 Lagu yang merupakan projek duet bersama beberapa vokalis deathcore ternama seperti Jeff dari Pubas Sweet Hero dan Hendro daro Crows As Divine.

Sedangkan satu lagi merupakan projek duet mereka dengan Yovi,vokalis Diary Of Aleaxndria band Post-Hardcore /Electronicore asal Purwokerto.

Consumed : By Vultures

Dalam lagu ini mereka melakukan kolaborasi bersama Jeff vokalis dari band Deathcore Pubas Sweet Hero,sampai sekarang masih belum ada bocoran tentang lagu yang satu ini baik melalui official YouTube maupun akun sosial media mereka yang lain.

Itulah sebabnya bila kalian ingin mendengarkan semua lagu mereka wajib untuk membeli album aslinya terlebih dahulu.

Lost // Found

Pada awalnya Lost // Found merupakan salah satu single dari mini album mereka yang berjudul Purgatory,namun pada akhirnya lagu ini juga masuk dalam album Omnipotence Paradox.

Lagu ini bisa dibilang cukup Eargasm ,pada awal Intro ada vibes ala-ala Technical Deathcore/Aliencor seperti Rings Of Saturn,lalu dihantam dengan beberapa kali part breakdown stem drop cukup berat,dan setelah Solo Gitar … akan dikejutkan lagi dengan breakdown down tempo yang dijamin bakal bikin kamu headbang.

Slaughter Extermination

Selanjutnya ada lagu berjudul Slaughter Extermination,bisa dibilang ini merupakan salah satu lagu favorit team SINI AJA . Karena disini mereka melakukan featuring bersama Hendro vokalis dari band Crows As Divine.

Suara gitar dengan stem drop yang deep,ketukan drum blast beat yang sangat rapat dengan paduan vokal growl yang berat dan juga slamming membuat nuansa di dalam lagu yang satu ini terasa sangat berat dan dark.

Single dan Lagu Populer

Menjadi salah satu band Deathcore ternama di Purwokerto tentu membuat mereka memiliki beberapa lagu yang cukup populer dikalangan pecinta musik keras. Terlebih lagu kualitas musik yang mereka buat sudah tidak diragukan lagi dan terbukti mampu memanjakan telinga para penikmat musik metal.

Berikut ini beberapa lagu/single dari Eternal Desolator yang cukup populer :

Novus Ordo Seclorum

Novus Ordo Seclorum merupakan salah satu single pertama mereka,lagu ini menceritakan tentang Organisasi Rahasisa bernama Illuminati dan Dajjal yang ingin mengambil alih dunia melalui konsep Tatanan Dunia Baru.

Lagu ini dirilis saat mereka masih memiliki formasi dan personil yang lengkap 6 Orang,dengan formasi dua vokalis saat itu.

Melalui Novus Ordo Seclorum,Eternal Desolator membuktikan bahwa mereka bukan musisi sembarangan dan benar-benar serius untuk memainkan genre Deathcore ini. Seakan sejak awal mereka sudah menunjukan kesungguhannya dalam bermusik.

Hopeless

Selanjutnya ada lagu berjudul Hopeless,ini juga merupakan salah satu lagu pertama mereka saat awal-awal muncul di scene Deathcore Purwokerto. Yang paling mencolok dari lagu ini adalah bagian-bagian yang memainkan Djent, Breakdown dan membuat ketukan yang cukup rapat.

Ditambah lagi dengan paduan down tempo dan vokal pig squeal pada akhir lagu yang membuat lagu ini semakin terasa deathcore-nya.

Bermuda

Pada pertengahan tahun 2017 atau tepatnya bulan Juli,Eternal Desolator mengeluarkan single yang cukup menyita perhatian bahkan hingga pada skena nasional. Pasalnya saat itu sedang ramai dengan kemunculan band Rings Of Saturn.

Rings Of Saturn sendiri memainkan musik Technical Deathcore atau kadang juga disebut aliencore yang memang sangat berbeda dengan pakem musik Deathcore saat itu,dan sejak itu bermunculan lah lagu-lagu dengan vibes yang sama.

Nuansa khas Aliencore membuat lagu ini menjadi perhatian banyak orang,beberapa majalah musik di Instagram seperti paling berisik pun tak mau ketinggalan untuk membahas tentang lagu ini.

Karena pada saat itu belum ada band Indonesia yang turut meramaikan fenomena Aliencore ini,sehingga hadirnya lagu Bermuda dari Eternal Desolator mampu menarik perhatian pecinta musik keras hingga ke skena nasional.

Homicidal Epilogue

Selanjutnya ada lagu yang berjudul Homicidal Epilogue,ini merupakan salah satu lagu yang ada di album Omnipotence Paradox,bisa dibilang ini merupakan single andalan Eternal Desolator.

Pasalnya Homicidal Epilogue cukup sering mereka bawakan ketika manggung,lagu ini juga satu-satunya yang sudah dibuatkan Musik Video tersendiri.

Di lagu ini mereka menampilkan musik Deathcore yang lebih berat dan kompleks,ketukan blast beat dan banyaknya solo gitar/melody yang turut mengisi bagian-bagian lagu menjadikan musik di dalamnya sangat terasa padat.

Sosial Media – Eternal Desolator

Bagi kalian yang ingi terhubung dengan band ini melalui sosial media,bisa cek dibawah ini :

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *